Mengetahui Telur Lovebird Ngisi atau Tidak How to Egg Candling

Lovebird Breeding Tips - Halo teman - teman kita nulis lagi nih...wkwkwkw Kalian punya Hp yang ada lampu blitz ataulampu flash? Silahkan di manfaat kan untuk Egg Candling atau melihat atau meneropong telur lovebird kita. Kenapa harus di teropong? nanti telur lovebird jadi gak netas...? nanti indukan lovebird jadi stress karena di ganggu ngeramnya..?
How to Egg Candling

Telur fertil atau ngisi, mungkin itulah yang selalu diharapkan oleh para peternak lovebird ketika pasangan demi pasangan lovebird materinya sudah mulai bertelur dan mengerami.

Namun terkadang kita penasaran apakah telur yang dierami lovebird kita itu ngisi atau tidak ataukah malah infertil atau zonk. Hal yang menjengkelkan ketika sudah menunggu lebih dari dua minggu namun telur tak kunjung juga ada tanda - tanda menetas.

Sebenarnya kita bisa menggunakan metode egg candling atau meneropong telur, namun kendalanya terkadang ada beberapa indukan yang agresif.

Mereka tidak dibiasakan buka tutup glodog, sehingga rawan stress dan akhirnya malah tidak mau melanjutkan pengeraman. Dan tak jarang juga telur justru dikubur atau ditimbun sarang oleh lovebird betina.

Karena ini emang naluri mereka, ketika merasa sarang mereka terancam oleh faktor eksternal maka insting indukan adalah menyembunyikan telur. Ini normal dan kalo kita biarkan saja, sebenarnya setelah indukan merasa aman telur - telur yang ditimbun ini mereka naikkan kembali.

Yang menjadi kacau ketika kita terus penasaran apakah lanjut dierami atau tidak, kita malah membuka glodog itu lagi dan akhirnya indukan malah stress dan tidak mau mengerami lagi. Tak jarang malah indukan memecah atau memakan telur mereka.

Nah metode egg candling atau meneropong telur ini saya sarankan untuk diterapkan pada indukan - indukan lovebird yang sudah terbiasa dengan interaksi manusia. terbiasa buka tutup glodok tanpa ada masalah.

Kenapa harus egg candling atau di teropong telurnya? Yaitu untuk memastikan telur mana yang fertil atau ngisi dan telur lovebird mana yang infertil atau tidak ngisi,8

Untuk kemudian kita ambil telur yang infertil atau tidak ngisi tersebut, agar indukan lebih fokus untuk mengerami telur yang sudah pasti fertil atau ngisi saja. Atau ketika kita bisa pastikan bahwa telur tidak ada yang ngisi ya mending kita ambil semua saja, agar indukan mulai persiapan produksi lagi.

Banyak yang beranggapan bahwa telur kalau sudah dipegang jadi tidak meneta. Hal ini tidak akan mungkin terjadi asal kita hati - hati saat memegang dan memindahkan telur. Yang mengakibatkan telur jadi infertil atau gagal menetas adalah ketika ada benturan.

Nanti indukan lovebird jadi stress karena di ganggu ngeramnya?

Makanya metode ini saya sarankan untuk indukan yang sudah mapan dengan kita. Dan sebenarnya kalau kita dari awal pelihara membiasakan untuk buka tutup glodok atau nestbox tentu indukan lovebird tidak akan merasa terganggu oleh kita.

How To Egg Candling

Siapkan Lampu atau bisa pakai flash hp kalian

How To Egg Candling
How To Egg Candling

Usahakan lampu atau sumber cahaya ini seterang mungkin agar cahayanya bisa menembus cangkang telur yang akan kita egg candling atau teropong.

Wadah telur

How To Egg Candling
How To Egg Candling

Siapkan besek atau kotak dengan sedikit dikasih bahan sarang atau bisa beli yang model seperti di atas untuk menjaga telur tidak banyak getaran atau benturan.

Pengambilan telur

How To Egg Candling
How To Egg Candling

Ambil telurnya secara hati - hati dan minimalkan seminim mungkin getaran atau benturan antara telur satu dengan lainnya.dan di sarankan untuk menggunakan kaos tangan, selain menghindari gigitan indukan lovebird juga bisa meminimalisir terkenanya keringat pada telapak tangan kalian.

Egg Candling / Peneropongan Telur

How To Egg Candling
How To Egg Candling

Mulailah meneropong telur dengan memposisikan telur tepat di sumber cahaya dalam hal ini adalah flash hp kalian kira - kira seperti gambar diatas posisinya. Dan hati - hati jangan sampai telur malah terbentur ke hp kalian.

Untuk panduan egg candling atau teropong telur lovebird sudah saya bikinkan gambar lengkap dari hari ke-2 sampai 28 hari silahkan cocokkan hasil egg candling kalian dengan gambar saya ini :




Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 2 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 4 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 6 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 8 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 10 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 12 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 14 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 16 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 18 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 20 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 22 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 24 hari



Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 26 hari




Berikut ini telur lovebird yang sudah di erami selama 28 hari

Egg Candling bisa mulai di cek di hari ke-7 hanya saja, kita kadang tidak tahu telur mana yg urutan pertama (yg sudah berusia 7 hari),Berhubung telur lovebird keluar dengan jeda 2 hari sekali.

Kecuali ketika pertama keluar telur, anda tandai dgn ballpoint atau spidol kecil .gampangnya, coba cek ketika hari ke - 8, ketika semua telur yg Anda periksa, biasanya sudah bisa dilihat perkembangan embrionya.
Jangan lupa agar tangan kalian tidak cidera silahkan gunakan sarung tangan .

Berikut ini saya sertakan video how to egg candling lovebird :