Perbedaan variasi Euwing Pied Euwing dan Pastel Euwing

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan jenis dari lovebird euwing.
perbedaan lovebird euwing
CAPTION

Lovebird Mutation Guide - Kali ini kita akan membahas mutasi lovebird euwing yang akhir - akhir ini sedang booming dan harganya yang fantastis sejak adanya mutasi biola opaline.

Karena dengan memasangkan euwing ini dengan biola opaline akan menghasilkan mutasi biola opaline euwing yang benar benar istimewa.Bagaimana tidak istimewa, biola opaline green saja sudah bermotif batik di sayapnya apalagi di padukan dengan motif euwing yang tegas dan gradasi yang smooth atau lembut membuat tampilan biola opaline euwing ini tampak berbeda dan lebih indah daripada euwing pada seri lainnya.

Seiring berjalanya waktu dan berbagai rangkaian persilangan, lovebird euwing ini tentu mengalami banyak varian atau jenis nya.

Jenis Lovebird Euwing

1. Euwing Solid / Euwing Standard
2. Euwing Pastel / Pastel Euwing
3. Euwing Pied / Pied Euwing / Euwing blorok

Tapi sebelum kita membahas lebih lanjut mari kita sejenak berkenalan dulu apa itu mutasi euwing. Euwing = EUmelanin WING yakni lovebird yang mengalami peningkatan pigmen melanin pada sayap.

Euwing ini masuk dalam kategori Incomplete dominant, jadi seperti yang sudah di jelaskan bahwa tidak ada istilah "split" pada euwing / incomplete dominant.

Seperti Incomplete dominan lainnya pada euwing juga tampak perbedaan antara SF Single Factor dan DF Double Factor.

Euwing harus tampak secara visual, kecuali euwing yang terjadi pada lovebird golongan ino, seperti lutino, albino, dan creamino.

Karena mutasi tersebut sudah benar - benar hilang pigment Melaninnya. Jadi yang tampak ya hanya euwing yang polos seperti Mutasi Ino pada umumnya.

Euwing green
Euwing green series

Banyak yang menyebutkan atau menuliskan bahwa euwing lahir dari sepasang indukan Green wild type x Lutino fischeri. Namun saya sendiri sudah membuktikan sampai F3 dengan system inbreed maupun crossbreed tetapi tidak mendapatkan anakan yang visual euwing.

Jadi asumsi saya euwing adalah rekayasa genetika, Kalaupun itu merupakan hasil silang antara lovebird hijau x lutino mungkin sudah F keberapa saya juga tidak tahu karena mungkin serangkaian proses itu memakan waktu yang lama dan sudah di jalankan oleh para breeder lovebird eropa sejak dulu.

Euwing Solid

Euwing solid adalah faktor Euwing yang menempel atau kombinasi dengan golongan warna lovebird yang solid. Banyak diburu untuk dikombinasikan dengan berbagai mutasi seperti Turquoise, Opaline. Adapun ciri fenotipenya sebagai berikut ini.

- Gradasi pada punggung kontras
- Warna sayap primer Hitam pekat
- Warna kuku abu gelap atau hitam
- Warna ujung jari senada dengan kaki

Euwing solid
Euwing solid

Contoh Euwing Blue Series, pada gambar, terlihat gradasi pada euwing solid ini lebih cerah dan tegas serta motif nya juga terlihat jelas dengan marking abu pada mantle atau punggungnya.

Euwing green solid
Euwing green solid

Bahkan pada euwing green dengan single factor saja tetap terlihat gradasi yang tegas dan cerah, lihatlah di antara perbatasan warna hijau dan kuning di mantle sangatlah kontras dengan warna dasar green nya.

Euwing Pastel

Euwing Paste adalah faktor Euwing yang menempel atau kombinasi dengan golongan warna lovebird yang Pastel. Seperti lovebird pastel pada umumnya namun ada motif euwing pada sayapnya. Adapun ciri fenotipenya sebagai berikut ini.

- Gradasi memudar dan gelap
- Warna sayap primer abu atau putih
- Warna kuku abu terang
- Warna ujung jari senada dengan kaki
- Warna rump polos

Euwing Pastel Green
Euwing Pastel Green

Pastel = kalem sehingga motif khas euwingnya tidak tampak secara jelas. Di beberapa pastel euwing sangat susah di bedakan dan sekilas hampir mirip dengan pastel kuning dan banyak juga yang mirip dengan pastel olive pada green series dan terlihat seperti pastel mauve atau bs mauve pada blue series.

Euwing Pastel
Euwing Pastel

Pada pastel euwing dengan double faktor gelap bulu primer atau bulu sayap terbang kebanyakan berwarna putih selayaknya lovebird pastel lainnya, ciri yang spesifik adalah adanya nuansa swirly pada bulu pastel euwing ini.yaitu bulu terlihat seperti tersuwir - suwir.

Pied Euwing / Euwing Blorok

Pied atau Blorok, sama dengan lovebird pied lainnya namun ada mutasi tambahan yaitu euwing. Jadi lovebird pied euwing adalah mutasi euwing namun ada nuansa piednes atau blorok pada sebagian bulunya ataupun menyeluruh.

Ada yang mempunyai motif blorok tipis atau bahkan tidak ada sama sekali ada juga yang mempunyai motif yang tebal atau penuh.Adapun ciri - ciri pied euwing adalah sebagai berikut :

- Gradasi memudar dan gelap
- Warna sayap primer belang terutama pada pangkal bulu berwarna putih
- Warna kuku clear merah muda
- Warna ujung jari kemerahan
- Warna rump polos

Pied Euwing / Euwing Blorok
Pied Euwing / Euwing Blorok

Terlihat di gambar sepintas mirip dengan pastel euwing namun nuansa pied atau bloroknya terlihat pada sayap dan bulu primer atau bulu terbang, serta polosnya bulu rum pada pied euwing ini.

Pied Euwing / Euwing Blorok
Pied Euwing / Euwing Blorok

Selain pada bulu yang menjadi ciri utama adalah pada bagian kuku yang sangat berbeda pada lovebird pastel, pastel euwing, maupun solid. Dengan ciri khas pied atau blorok adalah kuku berwarna merah muda atau bening, serta kaki juga putih bersih bukan hitam seperti pada lovebird pastel dan solid.

Mungkin segini dulu penjelasan tentang varian euwing kali ini, bila kalian belum begitu jelas bisa melihat video yang sudah saya upload di youtube.