Kekurangan Dan Kelebihan Ternak Lovebird Kandang Soliter/Baterai

Kekurangan dan kelebihan dalam ternak lovebird kandang baterai atau soliter.
Kekurangan Dan Kelebihan Ternak Lovebird Kandang Soliter

Ketika ingin berternak lovebird tentu yang kita pikirkan palin pertama adalah sistem kandang ternak yang akan kita terapkan.

Karena banyak sekali pertimbangan ketika menentukan sistem kandang ternak lovebird ini dari mulai budget, tempat, hingga kondisi rumah kita sendiri.

Yang tentunya kita bisa menentukannya apakah kita akan menggunakan ternak lovebird sistem koloni atau ternak lovebird sistem baterai atau soliter.

Karena dari segi perawatan harian untuk ternak lovebird dengan kedua sistem tersebut sangatlah berbeda, untuk itu mari kita pahami dulu agar tidak salah pilih sistem ternak yang kita jalani.

Dalam berternak lovebird baik di luar negeri maupun dalam negeri ada beberapa model kandang ternak lovebird yang diterapkan. Tentunya ada keunggulan dan kelemahannya masing - masing.

Untuk itu kita akan bahas di sini biar kita bisa menentukan kandang model apa yg akan kita pakai untuk ternak lovebird apakah sistem ternak lovebird kandang koloni atau ternak lovebird sistem kandang baterai atau soliter.

Diartikel kali ini kita akan membahas terlebih dahulu tentang kekurangan dan kelebihan ternak lovebird kandang soliter atau baterai.

Kandang baterai atau soliter ini dipasaran sangat banyak variasi dan berbagai ukuran kandang.

Berikut ini beberapa pilihan model kandang baterai yang bisa kita pilih.

1. Kandang ruji ukuran 40cm x 60cm 2. Kandang ram/kawat ukuran 40cm x 60cm 3. Kandang ram/kawat ukuran 40x40 custom dari pengrajin

Kalian bisa memilih sesuai luas area penempatan kandang yang kalian rencanakan dan juga mempertimbangkan dari segi budget atau anggaran masing - masing.

Namun standar ukuran yang paling sering digunakan oleh peternak lovebird baik diluar negeri maupun didalam negeri adalah ukuran 40cm x 60cm tipe ruji, biasanya rujinya terbuat dari galvalum atau galvanis ada yang pakai cat ada yang polosan.

Untuk kandang pabrikan yang menggunakan cat saya rekomendasikan mengambil merk seperti best one, king, dan octagon yang saya sendiri sudah membuktikan ketahanannya.

Terutama tahan dari karat dan cat juga tahan terhadap gigitan lovebird yang tidak mudah terkelupas catnya.

Sekarang juga sudah banyak pengrajin - pengrajin kandang ternak lovebird ini, banyak yang membuatnya dari galvalum yang di las.

Kalian bisa membelinya di iklan - iklan di grup jual beli lovebird banyak bertebaran.

Sekarang mari kita sedikit membahas tentang kekurangan dan kelebihan ternak lovebird kandang soliter atau baterai dan kita mulai dari kelebihannya terlebih dahulu.

Kelebihan ternak lovebird kandang baterai/soliter

1. Irit tempat

Dengan memilih ternak lovebird sistem kandang baterai ini bagi kita yang lahannya sempit kandang baterai mungkin jadi pilihan utama karena kalian bisa menempatkannya di pinggir rumah, menempel tembok, atau di bikin susun dengan rak.

Dengan seperti itu kalian bisa irit tempat dan ringkas juga. Untuk model susun saya sarankan menggunakan rak saja.

Karena lebih memudahkan ketika kalian akan menjemur salah satu indukan dikandang baterai yang kalian tumpuk itu.

2. Asal usul anakan jelas

Kandang baterai mengisolasi indukan lovebird setiap satu pasang adalah satu kandang, hal ini akan menjadi jelas karena anakan yang ada dalam kandang dan glodog tersebut sudah tentu indukannya.

Berbeda dengan sistem koloni yang mungkin kita akan susah mengidentifikasi indukan lovebird mana yang produksi di glodok ini.

3. Klasifikasi menu makanan

Masing2 indukan tentu periode produksinya berbeda-beda.dan tentu pola pakan untuk masing - masing indukan lovebird yang sedang dikondisikan juga berbeda.

Dengan menerapkan system kandang baterai kita bisa memberikan menu makanan sesuai kondisi indukan lovebird. Jadi kita bisa membedakan pemberian makanan untuk induk lovebird yang sedang istirahat, yang sedang mengeram ataupun sedang mengasuh anak.

Berbeda dengan sistem kandang koloni yang mau tidak mau semua indukan lovebird dan semua kondisi indukan lovebird memperoleh menu pakan yang sama setiap hari, hal ini tentu mempengaruhi kelancara produksi indukan lovebird tersebut.

4. Mempermudah pengecekan

Dengan menerapkan sistem kandang baterai kita jadi lebih mudah jika sewaktu - waktu melakukan pengecekan indukan lovebird tersebut.

Mungkin pengecekan kesehatan indukan lovebird, pengecekan telur lovebird, pengecekan pertumbuhan anakan lovebird tentunya tanpa mengganggu kenyamanan indukan lovebird lainnya yang mungkin agresif terhadap manusia.

Berbeda ketika kita ternak sistem koloni yang mengharuskan kita masuk kedalam kandang koloni untuk melakukan pengecekan.

Dengan kehadiran kita di kandang koloni yang sampai masuk itu mungkin indukan lovebird lainnya ada yang agresif dan merasa bahwa kita ancaman bagi mereka.

Bisa saja indukan lovebird tersebut stres dan mengacak - acak glodoknya dan tentunya ini bisa menghambat produksi.

5. Aman gangguan dari lovebird lain

Tiap lovebird tentu punya karakteristik masing - masing, salah satunya adalah agresif atau menyerang.Nah dengan system kandang baterai kita bisa terhindar dari hal - hal yang diakibatkan oleh indukan lovebird agresif ini.

Entah menyerang indukan lovebird lainnya ataupun menguasai glodok yang sudah ada telurnya atau yang sudah dipakai oleh indukan lovebird lainnya.

Kekurangan ternak lovebird kandang baterai/soliter

1. Biaya

Dengan system kandang baterai kita harus mempersiapkan jumlah kandang sesuai jumlah indukan lovebird kita.

Dan tentunya juga peralatan - peralatan seperti halnya wadah minum dan pakan serta tulang sotong dan keperluan indukan lovebird didalam kandang baterai lainnya.

Hal ini tentu akan menambah biaya yang harus kita keluarkan jika menggunakan sistem kandnag baterai ini.

2. Perawatan ribet

Kenapa ribet?karena dengan system kandang baterai mau tidak mau kita harus memberi makan satu persatu kandang.

Mengganti minuman tentu juga sesuai jumlah kandang dan paling berat harus membersihakan tebok/wadah kotoran juga sesuai jumlah kandang.

3. Rawan pembantaian

Terkadang indukan betina yang sedang mengasuh anakan akan sedikit agresif terhadap pejantan.apalagi kalau pejantan sudah mulai birahi.

Dengan menggunakan syatem kandang baterai tentu ruang gerak terbatas sehingga jantan akan mudah dikejar oleh betina senhingga dibantai.

Mungkin segitu aja yg bisa saya simpulkan antara kekurangan dan kelebihan kandang selter/baterai. Untuk artikel selanjutnya saya akan bahas tentang kekurangan dan kelebihan kandang koloni.

Demikianlah pembahasan tentang kekurangan dan kelebihan ternak lovebird kandang soliter atau baterai semoga bisa menjadikan referensi dalam memilih sistem kandang untuk peternakan lovebird kita.