Kekurangan Dan Kelebihan Ternak Lovebird Kandang Koloni

Kekurangan dan kelebihan ternak lovebird sistem kandang koloni.
Kekurangan Dan Kelebihan Ternak Lovebird Kandang Koloni

Setelah kemarin membahas tentang kekurangan dan kelebihan kandang baterai. Untuk kalian yang belum membacanya silahkan klik di link ini : Kekurangan Dan Kelebihan Ternak Lovebird Kandang Soliter.

Disitu sudah saya bahas dan jelaskan supaya kalian bisa mempertimbangkan kedua jenis kandang yang dipakai dala ternak lovebird.

Sekarang giliran di artikel kali ini kita akan membahas kekurangan dan kelebihan kandang koloni.

Kandang koloni adalah sistem berkelompok, yaitu satu kandang berukuran besar untuk ditempati beberapa pasangan indukan lovebird.

Kandang koloni ini bisa kalian terapkan dipeternakan kalau kalian mempunyai cukup lahan untuk dibuat kandang koloni ini.

Karena ukurannya yang besar tentu membutuhkan lahan yang besar juga. Sama seperti pada kandang baterai, kandang koloni ini juga mempunyai kekurangan dan juga kelebihan.

Oke daripada kakean cangkeman mari kita kupas tuntas semuanya.

Kelebihan ternak lovebird sistem kandang koloni

1. Biaya

Dengan memilih opsi kandang koloni kita bisa meminimalkan pengeluaran biaya baik dari pembelian kandang maupun pembelian perlengkapan ternak lainnya atau clekenik2nya.

Kita hanya perlu membuat satu kandang berukuran besar untuk di tempati beberapa pasangan indukan lovebird dan tentunya wadah pakan dan wadah minum juga ngirit karena hanya perlu beberapa saja, hal ini berbeda dengan sistem kandang baterai yang harus satu persatu tiap kandang.

2. Perawatan

Pemilihan kandang koloni berdampak besar soal pekerjaan kita dalam segi perawatan harian. Baik dari pemberian pakan, pemberian minum , pembersihan kotoran dan pembersihan sisa - sisa makanan.

Karena kita hanya melakukannya satu kali saja, belum lagi kalau kita menerapkan sistem pakan model tandon atau dispenser pakan, tentu akan lebih hemat waktu lagi dalam segi perawatan. Berbeda dengan kandang baterai yang harus satu persatu sesuai jumlah kandang.

3. Mempermudah penjodohan

Pemilihan kandang koloni memudahkan kita dalam segi penjodohan, biasanya nih yang gak mau ribet soal penjodohan tinggal beli beberapa lovebird misalkan 10 ekor.

Langsung saja masukkan ke kandang koloni, kalau sudah beberapa hari mereka akan memilih pasangan masing - masing dan yang tidak punya pasangan bisa langsung dicabut.

Hal ini sangat berbeda ketika kita memilih sistem kandang baterai, mau tidak mau kita harus menjodohkan sendiri dan tentu memakan waktu.

4. Produktifitas

Kandang koloni yang luas memberikan suasana bebas dan seperti di alam.sehingga memacu pasangan indukan lovebird untuk segera punya membuat sarang , kawin, dan beranak pinak.

Melihat pasangan lain kawin tentu juga memicu pasangan lainnya untuk kawin juga karena pada dasarnya naluri lovebird di alam memang seperti itu hidup secara berkelompok dan membuat sarang berdekatan.

5. Meminimalisir nglemak/nggajih

Luasnya kandang koloni berdampak pada lancarnya metabolisme tubuh lovebird.karena setiap hari mereka bisa bebas terbang mengepakkan sayapnya dan tentu semua organ tubuh bekerja secara semestinya.

sehingga lemak dapat tersalurkan menjadi energi dan tentu berdampak pula minimnya terjadi penumumpukan kelenjar lemak di perut bagian bawah dekat kloaka.

Dengan berbagai kelebihan dari kandang koloni tentu ada kekurangannya juga mari kita bahas.

Kekurangan ternak lovebird sistem kandang koloni

1. Penempatan

Kandang koloni yang standard tentu memerlukan tempat yang luas.karena harus plong atau bisa dibilang harus tanpa sekat. Bagi kita yang hanya punya lahan sempit tentu jadi masalah.

masak lovebirdnya ditaruh di rumah/kamar sedangkan kita haris ngekost lagi...hahaha

2. Perawatan

Selain ada kelebihan dalam hal rawatan, kandang koloni juga punya kekurangan dalam hal rawatan nih.masalah terbesar adalah kita tidak bisa mengklasifikasi atau mengelompokkan manu pakan berdasarkan kebutuhan lovebird oti sendiri.

Dalam kandang koloni baik indukan yang sedang produksi...pra produksi..maupun yang masih siapan semua menu makannya sama.adi jangan heran kalau nanti betina baru ngeram eh si jantan minta encuss lagi karena salah menu pakan...hahaha

3. Resiko penularan penyakit

Lovebird dengan kandang koloni lebih rawan tertular penyakit.hal ini disebabkan karena virus atau bakteri mudah terbawa angin dan menjangkit karena kepakan sayap lovebird lainnya.

Penyakit yang sering dan sangat cepat menular adalah snot dan beresiko kematian masal. Dalam kandang koloni jika ada 1 ekor saja yang terjangkit snot maka dalam hitungan hari semua lovebird d dalam kandang koloni akan tertular penyakit snot ini.

4. Rawan pembantaian

Dengan menempatkan beberapa ekor lovebird dalam 1 ruangan tentu ada berbagai macam karakteristik tiap individunya.ada yang agresif menyerang lovebird lain mengejarnya sampai tertangkap dan membantainya.

Ada juga hang agresif menyerang glodok pasangan lain. akan lebih parah apabila kita punya lovebir baru dan memasukkan ke kandang koloni untuk pertama kalinya.kalau tidak diawasi pasti bakal dibantai.hal ini tentu menjadi pertimbangan lagi.

5. Sumber penyakit

Apabila kita tidak rajin membersihkannya kondisi kandang akan terlihat kumuh kotor dan bau.

Tentu akan menjadi sumber penyakit dimana antara makanan dan kotoran kadang bercampur..maupun minuman yang bercampur dengan kotoran.

Mungkin segitu aja yang bisa saya jabarkan mengenai kekurangan dan kelebihan kandang koloni.

Demikianlah artikel kali ini sekiranya bisa bermanfaat dan menginspirasi untuk kawan - kawin semuanya. Salam Nganggur