Tips Untuk Indukan Lovebird Tidak Mau Masuk Glodok

tips mengatasi lovebird indukan yang tidak mau masuk glodok Dan cara mengatasinya.
Lovebird Tidak Mau Masuk Glodok

Hal yang paling di tunggu bagi peternak lovebird tentunya melihat indukan kawin, angkut sarang bertelur, menetas, anakan tumbuh dewasa dan kita jual.

Tapi hal itu tentu tidak akan dialami kalau indukan lovebird yg kita pelihara masuk glodok saja tidak mau apalagi beranak pinak.

Untuk itu mari kita bahas di artikel ini tentang tips mengatasi indukan lovebird yang tidak mau masuk glodok.

Sebelum membahas lebih jauh tentu kita harus mengetahui apa penyebab indukan lovebird tidak mau masuk glodok.

Penyebab Lovebird Tidak mau Masuk Glodok

1. Lovebird tidak mau masuk glodok karena pindah kandang.

Entah dari koloni ke kandang baterai atau bahkan dari kandang baterai ke kandang baterai pun bisa saja menyebabkan hal ini.

Apalagi kalau kalian baru sehabis membeli pasangan lovebird tersebut tentu akan memerlukan masa adaptasi dulu.

Bisa saja hanya butuh dalam hitungan hari masa adaptasi, namun bisa juga sampai sebulan lebih untuk beberapa kasus indukan Lovebird yang pernah saya alami.

2. Lovebird tidak mau masuk glodok karena ganti glodok.

Mungkin glodok sudah rusak dan tidak layak sehingga kita mau tidak mau harus menggantinya dengan glodok yang baru.

Hal ini juga bisa mengakibatkan lovebird tidak mau masuk glodok karena merasa glodok yg berbeda.karena. Insting hewan kuat dengan kotoran atau bulu sendiri yang ada didalam glodok pernah ditempatinya.

Bisa diakali dengan mengambil beberapa bulu atau material sarang yang ada diglodok lama untuk dipindahkan ke glodog yang baru.

3. Lovebird tidak mau masuk glodok karena indukan stress

Mungkin kalian baru beli indukan atau siapan ketika kalian bawa dari tempat pembeli ke tempat kalian bisa mengakibatkan stress. Sehingga indukan tidak mau masuk glodok.

4. Lovebird tidak mau masuk glodok karena serangan hewan lain.

Tikus, kecoak dan bahkan binatang Kecil atau istilah jawanya gurem tentu sangat bisa Menganggu indukan di dalam glodok dan mngkin merasa terancam sehingga indukan enggan masuk dan tidur di dalam glodok.

5. Lovebird tidak mau masuk glodok karena masih siapan

Lovebird yang memang baru posisi siapan atau baru mulai di taruh d kandang ternak untuk di ternakkan. Jadi masih tahap adaptasi dan juga proses pematangan alat reproduksinya.

Terlepas dari semua masalah itu, mari kita Fokus pada penanganannya. Ada 3 golongaan : Tidak mau masuk glodok tidur di tenggeran Tidak mau masuk glodok tidur d atas glodok Tidak mau masuk glodok tidur ngeruji

diantara golongan tersebut lah yang ngeruji paling lama proses nya.

- Hal pertama yg harus di lakukan baik indukan dalam posisi bertelur ataupun masih siapan mau tidak mau harus ambil glodok dulu dari kandang ternak.

Lalu buang semua bahan sarang atau apapun yg ada di dalam glodok kalau perlu d cuci sampai bersih kemudian keringkan.

Sama seperti yang kalian lakukan ketika sehabis panen namun ini hanya 3 hari indukan di tempatkan d kandang biasa untuk jemur.rutinkan mandi semprot dan di angin2kan saja dan jangan di jemur.

- Berikutnya Masukkan ke kandang, dan jangan di beri tangkringan/tenggeran. Untuk hari pertama sampai krng lebih ke 4 biasanya tidurnya gandul atau bergelantungan nempel di dinding sangkar.

Terus lakukan gak masalah biarin saja.tujuan kita biar indukan tidur di dasar bukan d tenggeran. Kalo kalian punya indukan lovebird lain bisa di jejerkan dengan kandang indukan yang sudah mapan glodok.hal ini bertujuan merangsang untuk segera berumah tangga..eh..ngglodok maksudnya.

Proses ini biasanya seminggu sudah bisa di kasih glodok di kandang kotaknya. Kemudian tinggal kita membiasakan indukan dg glodok tersebut. Treatment nya tetap tanpa tenggeran, namun sudah terdapat glodok di dalam sangkar.

Siang hari tetap jemur dan mandi..kemudian yang penting pada sore hari menjelang malam kita paksa induk masuk glodok dg cara menangkapnya lalu memasukkan ke glodok satu persatu kemudian tutup lubang glodok.

Pagi hari nya cukup d buka penutup glodoknya biar indukan keluar sendiri secara alami. Proses ini bisa memakan waktu lama tergantung karakter indukan.

Sesekali bisa di pancing dengan pemberian bahan sarang. Dan sebagai tambahan informasi buat temen2 ketika melakukan terapi wadah pakan dan minum biar di posisi yang sama jangan pindah tempat.

Terapi ini tidaklah mutlak bisa berlaku untuk indukan kalian..semua tergantung karakter indukanitu sendiri. Yang jelas kita sudah mencoba kalaupun tidak berhasil ya kita uangkan saja indukan tersebut..setuju..?

Sekian artikel mengenai tips untuk indukan lovebird tidak mau masuk glodok kali ini semoga bermanfaat dan menginspirasi.terimakasih