Mengatasi Air Minum Lovebird Yang Cepat Kotor

penyebab dan cara mengatasi air minum lovebird cepat kotor.
Air Minum Lovebird Yang Cepat Kotor

Berternak lovebird merupakan hal menyenangkan bagi yang sudah terjerumus kedalam dunia ternak lovebird. Selain mudah diternakkan Lovebird juga sangat mudah dalam hal perawatan dan maintenance hariannya.

Tinggal tiap hari dikasih makan kasih minum itupun kalau kita menerapkan kandang sistem baterai atau selter.

Kalau kita menerapkan kandang koloni lebih mudah lagi perawatannya, kasih makanan dan minuman sekali saja sudah memenuhi kebutuhan pakan lovebird satu kandang.

Untuk sayur pun juga kita tinggal kasih satu kali saja.

Namun ada hal yang menjadi momok bagi semua peternak lovebird baik yang baru belajar maupun yang sudah lama berternak, yaitu persoalan tentang air minum yang mudah kotor dan bahkan bisa menimbulkan aroma atau bau tidak sedap.

Sebelum membahas mengatasi air minum lovebird yang gampang kotor mari kita bahas terlebih dahulu apa penyebab yang menjadikan air minum lovebird mudah kotor terlebih dahulu.

Biar kita tahu sebabnya dulu, baru belajar cara mengatasinya, jadi ilmunya lengkap gak setengah - setengah dan kalian juga bisa improvisasi sesuai kebutuhan dan kondisi kandang Lovebird kalian masing - masing.

Penyebab air minum lovebird cepat kotor

- Air minum lovebird mudah kotor karena pakan bijian.

Bijian pakan lovebird adalah penyebab utama air minum lovebird mudah kotor, rata - rata ini disebabkan ketika lovebird minum.

Sehingga paruh lovebird basah dan kemudian makan lagi, nah pada saat lovebird mengambil bijian milet menggunakan paruhnya bijian tersebut sebagian ada yang menempel di paruh.

Kemudian minum lagi dan bijian tersebut jatuh ke tempat air minum lovebird, bijian inilah yang akhirnya membusuk di tempat minum sehingga menimbulkan bakteri dan bau tidak sedap.

- Air minum lovebird mudah kotor karena kangkung dan sayuran.

Terkadang lovebird menganggap sayuran yang kita berikan ini adalah bahan sarang. Terutama kangkun dan batang kangkung.

Sehingga naluri mereka adalah menggigit dan menyelupkannya kedalam tempat air minum, itu juga menjadi penyebab air minum lovebird mudah kotor.

- Air minum lovebird mudah kotor karena bahan sarang.

Seperti halnya batang kangkung, bahan sarang yang biasanya berupa suwiran kulit jagung ataupun bahan sarang yang biasa kita beli berbahan dasar serutan kayu.

Tampaknya juga memicu naluri lovebird untuk menggigit dan mencelupkannya ke dalam wadah air minum lovebird, hal itu juga membuat air minum lovebird mudah kotor dan bau juga.

Setelah kita memahami beberapa penyebab air minum lovebird mudah kotor seperti uraian di atas, sekarang kita mambahas beberapa cara atau beberapa hal yang bisa untuk menyiasati wadah air minum lovebird yang mudah kotor, berikut ini adalah pengalaman saya pribadi dan sudah saya terapkan di ternakan saya sendiri.

Mengatasi air minum lovebird yang cepat kotor

- Memasang wadah air minum lovebird sistem dispenser.

Dengan memasang wadah air minum lovebird sistem dispenser, diharapkan lovebird tidak punya akses atau akses terhadap wadah air minum tidak terlalu leluasa karena bibir cepuk berukuran kecil.

Jadi kotoran yang diakibatkan oleh perilaku lovebird langsung mengendap didasar cepuk dispenser.

- Jarak wadah air minum lovebird dan makanan berjauhan.

Dengan meletakkan wadah minuman dan makanan saling berjauhan, hal itu akan meminimalisir air minum lovebird yang mudah kotor.

Karena tidak ada bijian yang tercecer sampai ke wadah minum ketika lovebird sedang mengambil dan mengupasnya.

- Menyikat wadah minuman ketika membersihkannya

Dengan menyikat wadah minuman lovebird ketika membersihkannya maka lumut - lumut yang ada di dindin wadah akan hilang,

hal itu akan meminimalisir air minum yang mudah keruh akibat adanya lumut - lumut yang menempel dibagian dinding cepuk.

- Memberikan air matang atau air yang sudah direbus untuk lovebird.

Air matang atau air yang sudah direbus, selain air itu steril juga bisa mencegah tumbuhnya lumut pada wadah minuman lovebird.

Hal itu juga akan membuat air minum lovebird lebih tahan terhadap berkembangnya bakteri pada air minum lovebird.

- Memberikan potongan arang pada wadah minum.

Arang sangat terkenal bisa menjernihkan air, fungsi utama dari arang disini adalah sebagai anti bakteri dan sebagai filter alami.

Dengan adanya arang didalam wadah air minum makan bakteri dan zat - zat yang dapat membuat air minu keruh menjadi terminimalisir.

Demikian artikel tentang tips mengatasi air minum lovebird yang cepat kotor pada kesempatan kali ini. Saya harapkan dengan mengetahui penyebabnya diatas kalian juga bisa improvisasi sendiri sesuai kondisi dan lingkungan kandang kalian masing - masing.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan meninspirasi terimakasih.