Mengobati Lovebird Nglemak Nggajih Agar Produk Lagi

Cara mudah menyembuhkan lovebird nglemak, nggajih, berlemak, obesitas.
LovebirdNglemak

Lovebird nglemak - Mempunyai indukan lovebird yang produksi aktif tanpa kendala merupakan impian para breeder atau peternak lovebird.

Saking sayangnya kita selalu memberikan yang terbaik pada indukan lovebird, baik itu dari segi pakan, nutrisi, maupun extra fooding melimpah.

Tanpa kita sadari mungkin karena itulah salah satu faktor kenapa lovebird nglemak atau nggajih atau obesitas di karenakan asupan makanan dan nutrisi yang kita berikan tidak seimbang.

Pada artikel kali ini efek nganggur akan membahas cara mengobati indukan lovebird nglemak serta pemulihan system reproduksi pada lovebird betina.

Lovebird nglemak atau kegemukan merupakan penyakit yang sangat menjengkelkan pada peternak lovebird karena bisa menganggu proses produksi telur sehingga harus segera di obati.

Kelebihan lemak pada lovebird biasanya terjadi karena pola makan, kandang yang sempit, dan umur lovebird yang sudah agak tua.

Biasanya sering terjadi pada lovebird betina, selain gangguan produktifitas ada hal lebih berbahaya yang bisa menyebabkan egg binding atau telur lengket yang tidak bisa keluar karena tersumbat lemak dan jika tidak di tangani dengan cepat bisa mengakibatkan kematian pada indukan lovebird.

Karena saya sering mendengar atau sekedar melihat postingan di facebook teman -teman yang kedapatan lovebird nya tiba -tiba mati karena sebelumnya terjadi nglemak tetapi tidak mengetahuinya.

Karena mungkin jarang mengecek dan memperhatikan apalagi kalau ternaknya dikandang koloni, berbeda kalau kita menerapkan system kandang baterai kita akan lebih seksama dalam memperhatikan indukan - indukan yang kita punya apakah ada masalah atau tidak.

Ciri-ciri Lovebird Nglemak, Nggajih, Berlemak

- Adanya benjolan yang berwarna kuning dibagian bawah perut sampai bagian atas dubur yang terlihat seperti sedang bertelur.
- Jika di pegang benjolan tersebut terasa kenyal.
- Lovebird nglemak biasanya tidak bisa terbang tinggi karena kelebihan lemak dan berat badan.
- Sering ngos-ngosan atau megap-megap
- Berhenti bertelur ketika baru bertelur 1 - 2 butir.
- Kotoran selalu encer dan berair banyak.

lovebird nglemak
Contoh Lovebird nglemak
Contoh Lovebird nglemak
Contoh Lovebird nglemak

Bila indukan lovebird kalian mengalami hal - hal di atas maka segera pisahkan dan langsung di berikan treatment atau pengobatan. Jangan sampai kita sudah menunggu lama sekali namun indukan tetap tidak mau produksi karena ada timbunan lemak pada system produksinya.

Walaupun sepasang indukan tersebut kawin dengan durasi lama tetap saja tidak bisa bertelur. Kalupun bisa bertelur pasti tidak optimal dan biasanya jumlah telurnya juga lebih sedikit daripada produksi sebelumnya.

Biasanya indukan yang bermasalah dengan system reproduksi khususnya nglemak hanya akan bertelur tidak lebih dari 3 butir saja.

Dan itupun dapat dipastikan infertil atau tidak ngisi atau zonk karena tidak terjadi pembuahan sperma jantan terhadap sel telur betina. Mungkin terhalang oleh kelenjar lemak yang sudah menumpuk atau memang disfungsi system reproduksi.

Mengobati Lovebird Nglemak atau Nggajih

Daun Ceremai

Lovebird nglemak
Ramuan ceremai lovebird

Kunir

lovebird nggajih
Ramuan Kunir Lovebird

Minyak Ikan

lovebird berlemak
Minyak ikan untuk lovebird

Cara membuat ramuan Lovebird nglemak

- Ambillah daun ceremai satu genggam dan kunir 2 butir / 2 siung, kalau didaerah kalian susah mendapatkan pohon ceremai bisa juga diganti dengan daun belimbing wuluh dengan ditambahkan sedikit buahnya, ingat ya hanya sedikit saja seperlunya saja.

- Lalu rebuslah dengan air 1 gelas kecil saja.sampai daun ceremainya mudah di hancurkan lalu masukkan kunir yang telah kalian ulek atau hancurkan, kira - kira lama perebusan tidak lebih dari setengah jam. Aduklah terus menerus sampai air berubah warna menjadi keorenan.

- Campurkan minyak ikan 1 butir saja kedalam botol yang sudah diisi rebusan tadi dan kocok - kocok sampai benar - benar tercampur rata, karena minyak ikan dan air sangat susah tercampur.

Setelah itu dinginkan dan setelah dingin masukkan kedalam spet atau bekas botol vitamin lovebird, kalau saya menggunakan bekas super n atau bebas yang penting bisa untuk spet ke paruh lovebird, kalian juga bisa menggunakan spet untuk langsung di suntikkan kedalam temboloknya.

Pengobatan langsung di berikan atau diteteskan lewat paruh atau di spet. Jangan di campur dengan air minum, karena itu kurang efektif.

Agar langsung masuk kedalam perut lovebird untuk segera diproses berikanlah pada malam hari. Kemudian siang hari di jemur sampai lovebird terlihat membuka paruhnya.lalu taruh di tempat yang teduh dan ada sirkulasi angin.

Lakukanlah proses ini selama kurang lebih 1 minggu atau sesuai kebutuhan lovebirdnya. Kalau memang masih ada lemak berarti proses harus tetap di lanjutkan sampai lemak benar - benar hilang dan lovebird ramping lagi.

Untuk beberapa lovebird yang benjolan lemaknya sudah mengeras atau menggumpal perlu agak lama dalam pengobatannya. Atau bahkan ada yang memang sudah tidak bisa hilang karena terlambat penanganannya sehingga lemak tersebut sudah menggumpal keras. Hanya biisa dengan jalur bedah untuk menghilangkan atau mengambil kelenjar lemak tersebut. Dan tentu itu sangat beresiko bagi lovebird sehingga harus dilakukan atau minimal didampingi yang berpengalaman.