Lovebird Dominan Edge atau Spangle Serta Ciri - Cirinya

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara lovebird spangle SF dan juga Spangle DF.
lovebird spangle

Halo kawan - kawin baru sempet merapikan beberapa postingan di blog saya biar agak enak dibaca, maklum dulu pertama post asal aja yang penting ke posting dulu.

Beberapa waktu belakangan berbarengan dengan munculnya Mutasi Greywing, mutasi lovebird Dominant Edge juga mengalami peningkatan trafic pencarian dan tentunya minat para hobies lovebird ditanah air.

Sekilas memanglah sangat mirip, makanya banyak yang mencoba menggali dan mencari lagi artikel - artikel yang membahas tentang Dominant Edge ini.

Untuk itu saya putuskan untuk menulis ulang dan menambahkan beberapa deskripsi agar lebih jelas dan mendetail.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa dulunya Mutasi Dominant Edge ini sebelum di sah kan oleh Dirk bernama Golden Cherry untuk Green Series dan Silver pada golongan Blue Series.

Hingga pada suatu waktu ketika penelitian sudah matang dan terkumpulnya hasil uji tes breeding dari peternak - peternak di eropa kemudian di berikanlah nama Dominant Edge.

Hal ini mungkin di dasari dari sifat penurunan Mutasi ini yang bersifat Incomplete Dominant dan Edge yang artinya Tepi diambil dari fenotipe atau visual tepi pada bulu Mutasi ini.

Secara literatur Mutasi Dominant Edge adalah Alel mutasi yg disebabkan oleh pengurangan parsial pigmen melanin pada bulu, sehingga menciptakan warna bulu yg lebih pudar daripada burung normal atau Wild Type.

Pengurangan Melanine hitam terjadi dari bagian pangkal bulu dan melebar hingga ke sepertiga bagian bulu. Akibat pengurangan Melanine hitam ini adalah bulu tampak lebih cerah pada bagian tengah dan normal pada bagian tepi sehingga membentuk pola Edge sudut " V " dan pola Edge ini paling jelas terlihat pada bulu bagian sayap.

Pengurangan Melanin juga terjadi pada keseluruhan bulu, hal ini yang membuat Mutasi Dominant Edge akan tampak lebih cerah bila dibandingkan dengan Lovebird Normal.

Aksen kekuningan akan tampak disekujur bulu pada Spangle Green Series. Dan aksen warna putih abu - abu atau silver akan tampak pada Spangle Blue series.

Sama Seperti Mutasi Incomplete Dominant lainnya, Pada Mutasi Dominant Edge atau Spangle juga terdapat 2 varian berdasarkan faktor Edge nya.

- Dominant Edge SF atau Spangle Single Factor
- Dominant Edge DF atau Spangle Double Factor

Dari kedua varian tersebut nampak berbeda secara visual antara single faktor dan double faktor. Dan yang membuat unik adalah ketika Mutasi ini bervisual DF kemungkinan besar jenis kelaminnya adalah betina. Tapi berdasarkan survey dipasar dan beberapa peternak memang jarang sekali kita jumpai Dominant Edge betina, rata - rata berkelamin jantan.

Ciri - Ciri Dominant Edge SF

1. Warna tubuh sedikit lebih cerah dari warna standar. Hijau menjadi hijau stabilo atau kekuningan ada berbagai motif kuning di bagian sayap, Biru menjadi sedikit cerah hingga biru atau violet stabilo dengan sedikit pola edge pada sayap.

2. Warna bulu terbang atau bulu primer pada sayap terbang tetap hitam namun tidak sepekat atau legam seperti lovebird solid, terutama pada bagian tepi pola sudut akan sedikit lebih jelas.

3. Corak tritis atau Edge tidak terlalu kentara, namun masih tetap tampak di beberapa bagian punggung dengan spot kuning untuk seri hijau dan abu muda atau putih pada seri biru

4. Biasanya corak pejantan lebih terlihat daripada corak pada betina, namun bukan menjadi patokan untuk menentukan jenis kelamin.

Spangle Green
Spangle Green
Spangle Green
Spangle Green

Ciri - Ciri Dominant Edge DF

1. Warna keseluruhan bulu menjadi lebih pucat atau kusam.

2. Green series hampir kuning kusam menyeluruh dengan aksen Edge tipis

3. Corak tritis atau Edge tidak terlalu kentara dan hanya pada tepian bulu saja.

4. Biasanya corak pejantan lebih terlihat daripada corak pada betina, namun bukan menjadi patokan untuk menentukan jenis kelamin.

5. Bulu rump dan warna bulu ekor masih sama seperti lovebird normal.

Spangle Green
Spangle Green
Spangle Green
Spangle Green

Perbedaan antara dominan edge / spangle ini dengan mutasi pastel yaitu :

Pastel : Warna pastel memudar pada keseluruhan badan, termasuk kepala dan sayap yg menjadi lebih bersih. Sedangkan pada Dominant edge sayap tidak sampai sebersih Pastel.

Pada Domimant edge warnanya terkesan kotor/lecek dan bercorak. Sedangkan pada pastel, warnanya walaupun pudar tetapi terkesan bersih. Dominant edge bersifat dominan, sedangkan Pastel bersifat resesif

Spangle umumnya dikenal pada Parkit, Tritis pada Merpati, Marble pada jenis Lovebird Roseicollis, dan Pearl pada Cockatiels.

kalau kurang jelas berikut ini saya sertakan video tentang lovebird spangle atau dominant edge.