Telur Lovebird Gagal Menetas Mungkin Ini Penyebabnya

Artikel yang akan menjelaskan beberapa penyebab telur lovebird tidak menetas.
lovebird gagal menetas

Halo teman - teman breeder semua, cuaca masih panas aja nih, gimana indukan kalian pada netes berapa? Pasti banyak yang gak netas kan daripada yang netas hehehehe...sama...!!

Tentu sudah menjadi harapan bagi para breeder lovebird setiap bulan panen walaupun sedikit, kemudian lanjut indukan di jemur mandikan dua minggu sudah siap di ternak lagi.

Namun terkadang harapan ini harus pupus ketika telur lovebird gagal menetas ketika indukan lovebird yang kita punya gagal produksi atau gagal menetas.

Gimana gak pupus, yang harusnya sudah bisa spet anakan lovebird eh malah gak dapat jatah. Tentu ini bagi yang sudah pernah merasakan masa - masa indah memanen lovebird.

Untuk yang pemula dan belum pernah merasakan panen lovebird tentu gelisah tak menentu dan tidak sabar kenapa indukan gagal produksi terus?

Padahal kawin udah, ngeram juga udah, vitamin lovebird semua sudah di coba dan semua egg food dan extra fooding semua dah di berika yang terbaik dan yang terindah tapi tetap aja gagal produksi.

Tetap aja telur lovebird masih zonk apalagi yang harus kita lakukan..?

Tenang kawan - kawin jangan frustasi..harap bersabar ini ujian...

Atas keresahan - keresahan yang breeder rasakan. Kali ini Efek nganggur pada rubrik Lovebird Breeding Tips akan memberikan sedikit tips analisa yang perlu di lakukan ketika telur atau indukan lovebird kalian gagal menetas.

Kenapa harus analisa lagi?

Karena eh karena konon katanya yang paling mengerti semua tentang indukan lovebird kalian ya kalian sendiri, ini memang benar.

kalau kalian merawatnya dengan hati, pasti tahu betul karakter indukan lovebird kalian masin - masing jadi untuk menelisik penyebab telur lovebird tidak menetas jadi lebih mendetail.

Dan kalian harus menerapkan dan memodifikasinya sendiri sesuai kebutuhan kandang dan situasi di penangkaran kalian sendiri.Tidak bisa kalian menerapkan pola rawatan dan lain - lain di penangkaran orang lain ke penangkaran kalian.

Gak ada cara instan?

Ada kok, kalian tinggal siapkan uang trus beli indukan yang bawa anak tidak usah nunggu lama - lama langsung bisa panen...wkwkwkw

Berikut ini saya beri referensi hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi gagal panen atau telur indukan lovebird tidak menetas.

Telur Lovebird gagal Menetas Karena Faktor Internal

Faktor internal yaitu faktor yang di sebabkan oleh indukan itu sendiri, dari sisi kesehatan dan kesiapan induk jantan dan juga induk betina.

Lovebird Jantan Ngawin Tapi Tidak Sempurna

telur lovebird tidak menetas
telur lovebird tidak menetas

Terkadang kita sudah merasa lega " wah lovebird ku sudah kawin " padahal kita gak tahu kawinnya sudah bagus atau belum, sudah sempurna atau belum?Karena proses kawin inilah yang pertama menentukan nantinya telur fertil atau infertil / ngisi atau tidak ngisi.

Sepengetahuan saya dari berbagai sumber indukan lovebird kawin sempurna dan berpotensi ngisi berdurasi lebih dari 2 menit.

Walaupun kadang ada yang kurang dari durasi tersebut tapi ngisi juga ada namun jarang sekali.Jadi tidak ada salahnya donk kita perhatikan dan analisa indukan lovebird kita kawinnya berapa lama.

Lovebird Betina Bermasalah Atau Ada Penyakit

telur lovebird tidak menetas
telur lovebird tidak menetas

Mungkin kita perlu menganalisa juga kalau - kalau induk betina lovebird kita mengalami masalah nglemak atau nggajih,Nglemak tidak hanya terjadi pada indukan betina yang mau masuk tahap produksi atau setelah tahap produksi tapi juga bisa terjadi pada saat tahap produksi sedang berlangsung.misalnya sudah bertelur 2 baru muncul penyakit nglemak.

Memang bisa bertelur tapi rata- rata telurnya infertil atau tidak ngisi di karenakan system reproduksi induk betina tidak normal atau tidak subur. Untuk mengatasi lovebird nglemak atau nggajih kalian bisa cek DI SINI.

Faktor Tembean

telur lovebird tidak menetas
telur lovebird tidak menetas

Tembean adalah masa atau tahap produksi yang pertama kali pada pasangan lovebird. Pada tahap ini sering gagal karena beberapa faktor juga.

Yang pertama karena indukan lovebird belum masuk masa breeding atau umur indukan kurang matang, padahal umur terbaik untuk masuk masa breeding adalah 8-12 bulan kalau di indonesia umur 6-7 bulan sudah ada yang mulai di breeding, makanya sering gagal.

Kedua karena kedua indukan baik jantan dan betina sama - sama belajar kawin.jadi untuk indukan tembean kawinnya juga belum sempurna pantaslah kalau telur jadi infertil atau tidak ngisi.

Ketiga induk betina masih belajar untuk mengerami, jadi masih sering keluar masuk glodok seenaknya yang mengakibatkan telur tidak di erami secara sempurna,yang tadinya sudah fertil atau ngisi tapi embrio mati di dalam karena pengeramankurang sempurna.

Salah pada saat Pra Produksi Lovebird

telur lovebird tidak menetas
telur lovebird tidak menetas

Pra produksi di sini yang saya maksud adalah waktu sebelum indukan masuk tahap breeding, bisa terjadi pada indukan lovebird siapan maupun yang sudah pernah produksi.kenapa seperti itu? Karena pada saat pra produksi indukan memerlukan nutrisi maupun vitamin untuk kebutuhan ketika sudah masuk masa produksi.

Jadi pemberian pakan - pakanan yang bernutrisi dan juga pemberian vitamin sangat perlu di perhatikan pada saat masa pra produksi ini. Kita bisa memberikan egg food baik beli jadi maupun buatan sendiri

kita bisa memberikan lebih sering extra fooding kesukaan indukan baik kangkung, jagung, fumayin ,kecambah, dll. Kalian bisa memberikan minyak ikan omega-3 yang saya bahas di video KLIK DISINI. Kita juga bisa memberikan vitamin baik untuk kesehata maupun vitamin untuk lovebird birahi yang di jual di pasaran.

Telur Lovebird gagal Menetas Karena Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang saya maksud adalah gangguan dari luar maupun dari indukan itu sendiri yang juga sangat berpengaruh terhadap daya tetas telur.

Jantan Over Birahi

telur lovebird tidak menetas
telur lovebird tidak menetas

Kebanyakan salah dalam pola rawatan sehingga mengakibatkan induk jantan mengalami over birahi pada saat sudah tidak masa kawin. Sehingga indukan betina merasa terganggu akibat jantan terus memanggil baik dariluar glodok maupun di pintu glodok.

Yang lebih parah lagi induk jantan sampai masuk dan mengacak - acak sarang selain mengganggu pengeraman tentu juga membuat telur bisa pecah akibat pejantan ngamuk dan mengacak - acak sarang.

Gangguan Dari Lovebird Lain

telur lovebird tidak menetas
telur lovebird tidak menetas

Gangguan yang cukup vital ini ya teman - teman, terlihat sepele namun ini juga berpengaruh terhadap daya tetas telur. Suara lovebird ngekek , ngetik dan macem, menurut kita asik - asik saja dan sepintas nada dan iramanya sama. Namun berbeda bagi sesama lovebird suara kicauan tentu menandakan sesuatu, entah itu hanya sejedar panggilan, sapaan, atau ajakan untuk kawin, kode birahi dan lain - lain.

Tentu juga ada kode nyanyian yang menandai bahwa ini adalah daerah kekuasaan atau daerah sarangnya.tentu kita tidak hanya memelihara 1 pasang.ada dua atau bahkan puluhan pasang. Menurut saya hal ini bisa menggangu induk betina yang sedang mengerami telurnya karena kicauan lovebird lain di sekeliling nya.dan membuat induk betina merasa sarangnya terancam dan sebagainya lalu sering keluar masuk glodok yang mengakibatkan telur tidak di erami secara sempurna.

Untuk mengatasinya bisa di sekat agar meminimalisir bertatap muka antara indukan satu dengan yang lainnya.Hal ini hanya berlaku untuk breeding dengan system baterai bukan koloni.

Lingkungan Sekitar Kandang

telur lovebird tidak menetas
telur lovebird tidak menetas

Seperti yang sudah kita ketahui dalam berternak burung apapun usahakan di tempat yang sepi, begitu juga dengan lovebird. meskipun lovebird sudah di ternakkan puluhan tahun dan sudah terbiasa dengan adanya manusia dan interaksi manusia.

Namun tidak ada salahnya kita menempatkan kandang untuk lovebird yang di ternak di tempat yang tidak terlalu sering berlalu - lalang manusia atau kendaraan.

Juga jangan menaruh kandang di tempat yang sering terdengar suara - suara mesin misalkan gergaji mesin, diesel dll.kita aja terganggu apalagi burung...wkwkwkwkw

Tentu masih ada faktor - faktor lainnya namun secara garis besar yang saya sebutkan pada postingan kali ini adalah kunci utamanya. Semoga bisa menjadi referensi untuk kita agar lebih terstruktur dalam menganalisa ketika ada indukan yang telurnya tidak menetas atau gagal panen.