Pengertian Split Pada Lovebird Non parblue & Non opaline

Hal yang harus dipahami ketika berternak lovebird mutasi adalah pengertian tentang split.
split pada lovebird

Marak sekali akhir-akhir ini terutama ketika muncul Opaline, Pale Fallow, Dun Fallow dan mutasi - mutasi tinggi lainnya.

Kata split biasanya dipakai ketika posting untuk dijual. Ada yang memang benar-benar split dan bisa menurunkan mutasi splitnya, namun tak jarang ada juga yang tidak bisa produk seperti split yang dikatakan penjualnya.

Ada juga yang baru diproduksi kesekian kalinya baru muncul visual dari split mutasi tersebut. Kemudian muncul pertanyaan kapan split akan terwujud atau pada tetesan ke berapa? Bagaimana mewujudkannya?

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang dasar split, kenapa lovebird bisa dikatakan split mutasi tertentu dan faktor apa yang memicu terjadinya visual dari split mutasi tersebut.

Pertama-tama kita harus tahu Split adalah gen resessif yang berpasangan dengan gen dominant atau gen resessif yang tidak mempunyai pasangan kromosom yang sama atau identik sehingga tidak tampak secara visual atau berwarna normal.

Coba kita kasih sedikit gambaran, misalkan kita punya lovebird jantan hijau standard lalu di kawinkan dengan lovebird biru. Seperti yang sudah d jelaskan tadi bahwa hijau itu dominan Dan biru itu resesif.

Yang namanya dominan tentu lebih unggul atau menang daripada resesif, jadi dari pasangan hijau dan biru tersebut muncul anakan hijau juga. Karena Gen resesif biru tidak menemukan pasangan alel yang identik maka visualnya Green.

Namun Green ini sudah tidak normal Green lagi atau tidak Green biasa namun Green split biru Kenapa bisa seperti itu?

Karena gen hijau yang dominan menutupi perwujudan dari gen biru..jadi yang tampak secara kasat mata adala hijau namun membawa gen biru.

Karena tidak tampak secara kasat mata maka butuh data atau informasi yang akurat dari induknya dan tentunya kejujuran penjual atau bakul nya Ilustrasi :

1. LOVEBIRD HIJAU X LOVEBIRD BIRU

Split pada lovebird
Split pada lovebird

Dari hasil silang di atas menghasilkan anakan yang visualnya Green, namun sudah bukan hijau standard karena sudah split biru penurunan sifat dari salah satu indukan dengan mutasi biru visual.

2. LOVEBIRD HIJAU/BIRU X LOVEBIRD HIJAU

Split pada lovebird
Split pada lovebird

Dari hasil silang di atas menghasilkan anakan yang visualnya Green, Karena gen biru pada hijau split biru tidak menemukan atau tidak ada pasangan nya sehingga akan keluar anakan tetap dengan visual hijau non split dan hijau split biru

3. LOVEBIRD HIJAU /BIRU X LOVEBIRD HIJAU/BIRU

Split pada lovebird
Split pada lovebird

Dari hasil silang di atas menghasilkan akan menghasilkan anakan yang lebih berfariasi yaitu ada hijau non split ada hijau split biru dan jackpot keluar biru, karena gen biru pada masing - masing indukan menemukan pasangan kromosom yaitu biru.

Anak akan keluar Green, green split blue dan blue (split terwujud karena gen resessif/blue mendapatkan pasangan kromosom yang sama yaitu blue). Dari ilustrasi di atas maka kesimpulaan yang bisa diambil.

1. Split hanya bisa terwujud jika memiliki pasangan alel yang sama atau identik. 2. Kapan terwujudnya tidak ada yang tahu pasti. bisa tetesan pertama bisa Kedua bisa Ketiga dan seterusnya.

Dan yang paling penting bagi kita untuk mendapatkan burung split yang akan di ternakkan adalah ketelitian dan kejelian serta informasi indukan yang valid dan bisa dipercaya.

Karena split lovebird berperan untuk mempersingkat serangkaian kawin silang untuk menghasilkan mutasi baru di penangkaran anda, maka berhati2lah dalam memilih split agar tidak membuang waktu anda.