Tips Membeli Indukan Lovebird Bawa Anak atau Telur

Tips membeli pasangan induk lovebird untuk pemula.
Tips membeli indukan lovebird

Halo kawan-kawin kembali nulis lagi, berhubung banyak sekali yang bertanya di komentar youtube tentang enaknya gimana beli indukan jadi atau beli lovebird siapan dan dijodohkan sendiri.

Sebenarnya saya sudah menjawabnya untuk membeli indukan jadi saja kalau misalkan masih pemula dan ingin mencoba peruntungan dalam berternak lovebird, banyak keuntungan ketika kita membeli indukan jadi atau indukan lovebird yang sudah terbukti produksi pada pemilik sebelumnya.

Tapi juga ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika ingin membeli lovebird indukan jadi tersebut, agar tidak kena prank atau kena tipu. Karena tak sedikit juga seller atau penjual yang tidak jujur akan lovebird yang dia jual.

Ada pula yang beranggapan yang penting laku gitu aja tanpa memikirkan nasib pembeli. Sehingga tak sedikit pula pemula yang langsung menyerah ketika mendapati lovebird pasangan yang mereka beli ternyata tak kunjung produk atau beranak pinak.

Nah hal semacam ini yang seharusnya kita minimalisir agar pemula yang baru coba-coba agar bisa langsung menikmati hasilnya untuk menjadikan semangat kedepannya.Untuk itu pada artikel kali ini akan membahas tips membeli indukan lovebird jadi atau indukan yang bawa telur atau bawa anakan.

Berdasarkan pengalaman orang membeli indukan jadi adalah orang yang baru memulai ternak makanya pengalamannya kurang dan sangat rawan sekali kena tipu- tipu bakul atau penjual ngibul.

Hal- hal berikut ini mungkin bisa jadi referensi ketika kita mau membeli lovebird indukan jadi, monggo disimak lur. Tips beli indukan bawa telur atau bawa anak

Tips Membeli Indukan Lovebird

Siapkan Uang

Karena kalian mau beli..bukan nyolong...wkwkkw Kan gak lucu juga kalo kalian sudah sampai ke tempat penjual tapi lupa gak bawa uang.

Bawa motor boncengan 2 orang

Apa fungsinya di taruh di tengah? Yaitu untuk meminimalisir goncangan sewaktu dalam perjalanan.

Pasti beda kan antara glodok di taruh di pangkuan dengan di taruh di jok motor, pastilah di pangku lebih minim getaran atau benturan yang mengakibatkan telur lovebird gagal menetas atau indukan lovebird menjadi stress.

Samperin kerumah penjualnya

Untuk meminimalisir penipuan usahakan langsung datang kerumah penjual. Di samping itu kalian juga bisa komplain kalau terjadi sesuatu pada indukan lovebird yang kalian beli dan kalian juga sudah tau alamat rumah penjual untuk jaga-jaga kalau indukan tidak sesuai deskripsi.

Tanyakan pola rawatan dan pakan Lovebird

Karena pola rawatan tiap indukan dan tiap peternak sangat beragam dan masing - masing berbeda. Terutama extra foodingnya yang biasa diterapkan keindukan yang kita beli.

Maka sangat penting menanyakan pola rawatan dari pemilik lama yang nantinya akan kita terapkan juga di indukan lovebird yang sudah kalian beli di tempat baru yaitu rumah kalian. Sebelum kita adaptasikan ke pola rawatan kita sendiri.

Jangan beli Lovebird induk koloni

Untuk membeli lovebird yang bawa telur atau bawa anak usahakan jangan membeli indukan yang dari kandang koloni.

Karena bila pindah tempat akan kesulitan beradaptasi dan mudah stress apalagi kalau kalian berencana untuk ternak di kandang baterai di tempat kalian. Selain itu indukan bekas dari koloni sangat giras/bringasan, sehingga kita akan sulit mengadaptasikan dilingkungan yang baru.

Usahakan lengkap dengan glodok bawaan

Ini wajib kalau beli indukan lovebird yang bawa telur atau anak maupun siapan produksi kalian harus sekalian sama glodoknya. Karena gak mungkin kan kalian bawa2 telur tanpa glodok.

Lagi pula dengan membawa induk di dalam glodok bersama telurnya bisa meminimalisir stress pada indukan serta indukan menjadi tidak merasa berpindah tempat karena glodok lama masih ada di kandang baru nantinya.

Usahakan pilih indukan yang belum mengerami

Usahakan beli induk yang baru bertelur 1 - 3 butir dan belum mulai mengerami telurnya.

Karena kemungkinan induk mau melanjutkan masa produsinya lebih tinggi sebab masih ada telur yang mau gak mau harus di lanjutkan meskipun di tempat baru.Jadi kemungkinan indukan ini mapan ditempat yang baru lebih tinggi.

Pastikan lama pengeraman

Kalaupun memaksa beli induk sudah dalam masa mengerami pastikan sudah lebih dari 1 minggu masa pengeramannya.

Karena telur yang sudah dierami selama 1 minggu lebih itu sudah ada pertumbuhan embrio.jadi kalian bisa minta tolong penjual untuk egg candling telur dan memastikan ada telur yang fertil/ngisi atau tidak.Dan kalian tidak sia-sia membeli telur kopong.

Pilih indukan Lovebird yang jinak atau bandel

Utamakan cari yang indukan jinak atau ndablek atau galak sekalian bila di buka glodoknya. Karena indukan dengan ciri-ciri tersebut sudah terbiasa dengan hal2 yang mengancam sarangnya.

Selain kemungkinan stress yang kecil ini juga menjadi keuntungan bagi kita jadi bisa cek telur dan kondisi anakan berkala tanpa indukan lovebird merasa terganggu atau terancam sarangnya.

Anak Lovebird sudah bisa membuka mata

Kalau ternyata memilih indukan yang bawa anakan, utamakan beli anakan yang sudah buka mata kalau ada juga yang sudah agak besar.

Karena bila sudah sampai ditempat kalian dan ternyata indukan stress dam tidak mau mengasuh anakan kalian bisa bantu spet dengan mudah sehingga anakan tetap selamat.

Demikian sedikit tips ketika kita akan membeli lovebird indukan jadi antara membawa telur ataupun anakan agar setidaknya bisa menjadi bekal atau referensi.