Lovebird Incomplete Dominant Yang Akan Selalu DI Cari

Artikel ini berisi penjelasan apa itu incomplete dominant dan beberapa lovebird yang ada dikategori ini.
lovebird incomplete dominant

Lagi nongkrong sore - sore liatin lovebird siapan violet x violet ehh kepikiran pengen bikin konten, tapi bukan membahas lovebird violet sih.

Tapi membahas pengertian incomplete dominant, walaupun mungkin saya sudah sering menyebut istilah ini di berbagai komentar baik di youtube maupun saat pembahasan mutasi lovebird di video channel saya.

Tapi kali ini saya akan bahas secara khusu apa itu incomplete dominant karena mungkin masih ada yang belum begitu mengerti.

Pada pembahasan kali ini akan saya bagi menjadi 3 bagian yaitu :

- Pengertian Incomplete Dominant - Lovebird Apa Saja Yang Termasuk Dalam Golongan Incomplete Dominant - Pasangan yang tepat untuk Lovebird Incomplete Dominant

Oke daripada banyak ngetiknya sekarang kita langsung ke bagian pertama.

Incomplete Dominant Adalah

Sesuai dengan namanya, Incomplete yang berarti tidak lengkap. Sedangkan Dominant artinya dominan atau menguasai.

Jadi secara sederhana adalah Gen yang menguasai atau menonjol namun secara tidak lengkap atau tidak sempurna.

Sedangkan menurut teori adalah gen dominant yang tidak sempurna atau gen yang sudah bercampur dengan gen lainnya yaitu gen dominannya. Sehingga sisi dominannya ini masih terlihat.

sekarang kita ambil contoh pada lovebird violet. Pada lovebird violet yang sebenarnya adalah lovebird

Pada lovebird violet yang sebenarnya adalah lovebird dengan warna biru:

lovebird incomplete dominant
lovebird incomplete dominant

Kemudian ada gen incomplete dominant violet factor yang ingin menguasai biru ini.

lovebird incomplete dominant
lovebird incomplete dominant

Karena Gen incomplete dominant menguasai namun tidak sempurna, maka lovebird biru bercampur dengan gen ID violet factor menjadi lovebird dengan visual biru violet

lovebird incomplete dominant
lovebird incomplete dominant

Pada lovebird Incomplete dominant juga terdapat istilah : - SF = SIngle Factor - DF = Double Factor

Single Factor Secara teori adalah burung yang mempunyai satu salinan dari salah satu sifat indukannya yaitu dari indukan jantan atau betina saja.

Misalkan kalian punya jantan violet di kawinkan dengan betina non violet, kemudian anakan muncul violet ya itulah yang di sebut violet single factor karena hanya mewarisi atau mendapat salinan dari sifat induk jantan saja.

lovebird incomplete dominant
lovebird incomplete dominant

Sedangkan double factor adalah burung yang mempunyai dua salinan dari masing- masing indukan baik jantan maupun betina mewarisi sifatnya, sehingga burung dengan double factor cenderung lebih pekat unsur violetnya daripada single factor.

Saya kasih contoh apabila kalian punya jantan violet kemudian dikawinkan dengan betina violet, kemudian muncul anakan violet yang lebih kental warna violetnya maka di sebut double factor, karena kedua induk sama - sama mempunyai factor violet dan menurunkan sifatnya ke anakan tadi.

lovebird incomplete dominant
lovebird incomplete dominant

Jadi kalian sudah tidak bingung ya kenapa pada incomplete dominant tidak ada istilah split, karena incomplete dominant harus tampak secara visual.Namun terkadang kita susah membedakan antara biru non violet dengan violet single factor atau istilah dalam keseharian mangsi dengan violet sf. Jadi kesimpulannya adalah untuk menghasilkan lovebird incoomplete dominant ini harus didapatkan dari pasangan yang slah satunya mempunyai factor incomplete dominant. Hal ini juga terjadi pada lovebird lainnya termasuk euwing yang merupakan genome incomplete dominant.

Lovebird apa saja yang termasuk dalam incomplete dominant

lovebird incomplete dominant
Violet

lovebird incomplete dominant
Dominant edged / Spangle
lovebird incomplete dominant
Euwing
lovebird incomplete dominant
Misty Lovebird

Nah sekarang sudah tidak bingung lagi kan apa itu incomplete dominant. sekedar tambahan informasi buat temen - temen bahwa lovebird dengan genome incomplete dominant ini akan di cari sampai kapanpun.

Karena apabila ada mutasi baru mereka akan selalu di pasangkan dengan mutasi tersebut untuk mencetak varian - varian terbaru.

- biola opaline euwing - biola opaline violet - parblue euwing - parblue spangle - parblue misty dan lain - lain lagi tentu akan terus berkembang sesuai keinginan kita.