Mutasi Lovebird Dark Factor Serta Penjelasannya

Artikel penjelasan tentang mutasi lovebird dark factor dan violet.
Lovebird Dark Factor

Di beberapa video saya sering sekali menyebut kata dark factor atau faktor gelap ini, terutama pada saat menjelaskan tentang paket hemat untuk cetak violet sf dengan menggunakan induk jantan pastel violet.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu dark factor dan lovebird apa saja sih yang masuk dalam kategori dark factor ini.

Sesuai namanya yaitu DARK yang berarti gelap dan FACTORS berarti faktor, jadi kalo bahasa indonesianya adalah faktor gelap.

Dark factor ini adalah genome Incomplete Dominant yang muncul secara nyata atau visual pada warna bulu burung lovebird kecuali untuk beberapa jenis burung seperti Ino dan Albino.

Mutasi dark factor pada lovebird ini bersifat incomplete dominant maka Dark factor tidak ada istilah"split".

Faktor gelap ini bukan disebabkan karena penumpukan eumelanin hitam gitu bukan ya teman-teman.

Tetapi disebabkan oleh perubahan warna pada struktur bulu lovebird.Mutasi ini terjadi langsung pada lovebird roseicolis , taranta dan personata.

Jadi kalau sekarang marak dan banyak sekali burung fischeri, nyasa, dan juga black check yang mempunyai tampilan dark factor adalah hasil transmutasi genetik ya teman-teman.

Jadi mutasi dark factor pada burung Lovebird personata di pindah kan ke lovebird fischeri atau nyasa ini.

Tentunya tidak segampang yang kita bayangkan,karena perpindahan antar ras sangatlah membutuhkan waktu yang panjang.

Dengan perolehan F1 hanyalah burung hybrid dan akan terus di kawinkan dengan lovebird wildtype fischeri secara terus menerus hingga menghasilkan lovebird fischeri dengan tampilan dark factor dan bukan burung hybrid lagi.

Menurut pengalaman saya berulang kali saya bongkar pasang indukan yang salah satu indukan nya adalah pastel, setelah saya mengetahui anakannya bahwa lovebirds dengan mutasi dark factor ini sangat cocok apabila di pasangkan dengan lovebird pastel, baik itu pastel biru , pastel violet.

Tapi untuk mencetak lovebird violet sf dengan metode ternak paket hemat saya memasangkan lovebird pastel violet dengan dark factor dalam hal ini adalah mauve atau yang biasa di sebut lovebird batman.

Lovebird Dark Factor
blue1blue2 parblue

Produk pertama dari indukan pastel violet x batman

Lovebird Dark Factor
blue1blue2 parblue

Produk pertama dari indukan pasvio x mauve

Tentu tidak hanya batman saja tapi juga berlaku untuk lovebird dark factor lainnya, tapi yang sudah saya coba dan buktikan baru dark green sf violet dan batman saja. Pada mutasi lovebird ini juga ada istilah single dark factor dan double dark factor.

"D" menyimbolkan untuk Single Dark Factor

"DD"menyimbolkan untuk Double Dark Factor

Lovebird yang masuk dalam kategori dark factor ini antara lain : Single dark factor :

Lovebird Dark Factor
GREEN "D" Green serie dengan single dark factor
Lovebird Dark Factor
BLUE "D" Blue series dengan single dark factor

Faktor gelap mewarisi dominan, yang berarti bahwa Anda hanya membutuhkan satu burung dengan faktor gelap untuk mereproduksi mutasi. Jika Anda memiliki sepasang burung dengan Dark Factor di masing-masing, Anda akan berakhir dengan bayi yang membawa Double Dark Factors.

Pada saat yang sama seekor burung tidak dapat dipisahkan untuk Dark Factor, baik itu menunjukkan mutasi atau tidak ada.