Perbedaan Lovebird clearpied blue dan blue solid

Penjelasan tentang perbedaan antara lovebird clearpied dan lovebirds solid dari berbagai aspek warna.
clearpied blue

Cara membedakan lovebird clearpied dengan solid, kali ini bahas itu ya. Lama gak nulis agak kagok nih. Karena menulis butuh kebiasaan yang secara terus menerus di kerjakan.

Oke maraknya lovebird parblue yang lebih indah bila di nikmati dengan visual yang solid. Hal ini membuat lovebird dengan warna yang solid sangat dicari dan diminati untuk di silangkan dengan lovebird parblue agar mendapatkan anakan parblue dengan warna solid.

Namun masih banyak dari kita yang kesulitan membedakan antara lovebird solid ini dengan lovebird clearpied.Sebelum membahas perbedaan secara detail mari kita berkenalan dahulu apa sih lovebird solid dan apa sih lovebird clearpied.

Lovebird solid adalah

Lovebird solid adalah lovebird dengan visual warna yang fix atau pasti atau bisa dibilang normal tanpa adanya mutasi lain yang menempel, ciri yang menonjol dari lovebird solid ini adalah mempunyai bulu badan yang cerah tegas dan pekat.

Kemudian bulu sayap primer/terbang berwarna hitam pekat, serta bulu rump atau tungkir yang berwarna ungu cerah.

Sebagai contoh ada macam lovebird solid antara lain :
- Green solid normal atau biasa disebut lovebird hijau
- Blue normal solid seperti lovebird biru cobalt, mangsi, dark blue
- Violet normal solid seperti lovebird violet SF maupun DF
- Mauve normal solid biasa orang - orang menyebutnya batman. dan masih banyak lagi lovebird solid lainnya.

Lovebird clearpied adalah

CLEAR berarti bersih sedangkan PIED dalam dunia lovebird berarti blorok. jadi dari kata tersebut bisa di artikan secara sederhana yaitu lovebird borok / pied yang mempunyai motif bersih atau tidak ada motif bloroknya sama sekali.

Jadi yang tampak ya lovebird blorok yang polos seperti lovebird solid pada umumnya. Ciri yang paling sederhana dari lovebird clearpied ini adalah bulu badan yang terlihat lebih cerah daripada lovebird solid.

Kemudian dari warna kepala juga mengalami penurunan eumelanin hitam yang berdampak memudarnya marking ras nya.maka tak heran bila ada lovebird clearpied yang kepalanya putih bersih atau kuning kemerahan yang biasa dibilang lovebird sable.

Lalu pada kaki dan kuku berwarna kemerahan atau pink atau bening.dan untuk bulu rump juga mengalami penurunan sehingga hanya terlihat semburat keunguan bahkan juga ada yang sudah benar-benar bersih.

Di lovebird clearpied ini juga ada berbagai macam warna dan biasanya penamaan mutasinya mengikuti mutasi lovebird solid seperti :

- Clearpied green
- Clearpied Blue
- Clearpied mauve
- Clearpied Violet Dan masih banyak lagi jenis dan warnanya.

Sekarang kita bahas perbedaan dari kedua lovebird tersebut agar kita gak salah dalam memilih karena memang sangat berbeda jauh perolehan anakannya nanti ketika lovebird ini dipasangkan dengan mutasi yang kita inginkan. Kita bahas perbedaan pada blue series dulu untuk yang pertama.

Perbedaan Lovebird solid vs clearpied


Perbedaan Lovebird solid vs clearpied dari bulu rump

clearpied blue
clearpied blue vs solid blue lovebird

Digambar tersebut terlihat secara jelas perbedaan bulu rump antara clearpied dan solid, dimana lovebird clearpied mempunyai bulu rump yang berwarna ungu namun pudar semburat biru mengikuti warna bulu badannya.

Hal ini sangat berbeda dengan warna bulu rump yang dimiliki lovebird solid yang berwarna ungu cerah tanpa gradasi.

Perbedaan Lovebird solid vs clearpied dari bulu kepala

clearpied blue
clearpied blue vs solid blue lovebird

Digambar terlihat sekali perbedaan pada warna bulu dibagian kepala, dimana lovebird clearpied terlihat lebih pudar warna hitamnya dibandingkan dengan solid.

Seperti yang sudah dijelaskan diawal tadi bahwa hal itu dikarenakan terjadinya reduksi eumelanin hitam di bagian kepala sehingga marking atau blocking tidak setegas dengan lovebird solid.

Perbedaan Lovebird solid vs clearpied dari bulu dada

clearpied blue
clearpied blue vs solid blue lovebird

Terlihat sekali pada lovebird clearpied memiliki warna bulu dada yang tidak sepekat bulu dada pada lovebird solid.

Bila diperhatikan warna bulu dada lovebird clearpied ini hampir sama dengan lovebird pastel.sedangkan pada lovebird solid warna cenderung cerah dan tegas serta jauh lebih kontras.

Perbedaan Lovebird solid vs clearpied dari warna kaki dan kuku

clearpied blue
clearpied blue vs solid blue lovebird

Warna kaki pada lovebird clearpied cenderung lebih cerah dan bening seperti pink atau merah muda jika dibandingkan dengan warna kuku pada lovebird solid yang cenderung solid hitam atau abu abu tua.

Perbedaan Lovebird solid vs clearpied dari warna bulu sayap primer

clearpied blue
clearpied blue vs solid blue lovebird

Warna bulu sayap pada lovebird clearpied lebih terlihat abu abu merata dan pada tepian bulu sayap motif tepian lebih pudar tidak setegas pada lovebird solid.

Sedangkan pada lovebird solid warna bulu sayapnya lebih tegas hitam pekat dan ada 2 warna yaitu warna sayap hitam dan warna mutasi aslinya yaitu biru.

Demikian tadi sedikit penjelasan tentang perbedaan lovebird clearpied blue dan solid blue, semoga yang sedikit ini bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan yang berguna dalam kita berternak lovebird.