Perbedaan Lovebird Lutino Dan Clearpied GS

Perbedaan antara lovebird lutino dan lovebird clearpied gs
Dark eye cleared lovebird

Halo juragan - juragan lovebird semua, baik yang sudah profesional maupun pemula alias pemain muka lama. Sebenarnya dalam dunia lovebird tidak ada sih klasifikasi antara pemain lama, pemain baru, master, dan lain sebagainya.

Karena faktanya yang baru mulai berternak lovebird pun bisa saja lebih paham akan istilah - istilah dan jenis mutasi asal rasa ingin belajarnya tinggi dan sering browsing - browsing di internet untuk menggali ilmu tentang dunia lovebird.

Sebaliknya yang sudah tahunan berternak lovebird tapi masih salah kaprah baik dalam hal istilah maupun penyebutan jenis mutasi, memang tidaklah wajib dalam hal ini.

Namun mengingat kerancuan penyebutan yang salah kaprah dan seringkali juga beda penamaan mutasi lovebird di daerah dan daerah lainnya.

Oleh sebab itu sebaiknya kita lebih mengenal tentang istilah tentang lovebird dan nama - nama mutasi yang sudah disetujui oleh internasional. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana membedakan antara lovebird lutino dan lovebird clearpied gs atau clearpied green series.

Kenapa artikel ini saya tulis? karena sering kali kita susah sekali membedakan antara lovebird lutino dan lovebird clearpied gs yang motif pied atau bloroknya sangat soft, dan terkesan bersih kuning langsat seperti lutino.

Tentu dalam hal ini yang saya maksud adalah lutino mata hitam ya atau DEC atau dark eye clear. Kalau lutino mata merah kan sudah jelas sekali perbedaannya dengan clearpied gs.

Secara galur mutasi perbedaan dari lovebird lutino dan lovebird clearpied gs sudahlah sangat berbeda galur, yaitu kalau lutino masuk dalam famili atau galur mutasi INO atau ALBINISME.

Sedangkan untuk lovebird clearpied gs masuk dalam galur mutasi PIED atau BLOROK. Sedangkan dalam aturan atau himbauan kombinasi mutasi, antara lovebird lutino dan lovebird clearpied gs ini semua masuk dalam kategori mutasi pigmen, dan diaturan tersebut dituliskan tidak boleh atau tidak dianjurkan untuk memasangkan kedua mutasi tersebut.

Karena akan membuat piednes atau motif bloroknya tidak begitu terlihat pada keturunan berikutnya ketika kita asal menjodohkan kombinasi mutasi dengan ini.

Sehingga kita akan sulit menamai anakan dari hasil kawin silang antara lovebird lutino x lovebird clearied gs seperti sekarang sekarang ini.Oke langsung saja kita kupas perbedaan dari kedua jenis mutasi tersebut.

1. Kaki dan Kuku Lovebird Pied vs Lutino :

Perbedaan yang cukup terlihat secara awam adalah pada bagian kaki, kaki pada lovebird lutino berwarna bening merah atau ping.

Dikarenakan adanya penurunan melanin pada bagian kaki tersebut sehingga kaki yang normalnya berwarna abu tua menjadi merah muda atau ping.

Sedangkan pada kaki lovebird clearpied berwarna abu tua atau ada yang abu muda dengan disertai warna merah muda pada perbatasan antara kaki dan kuku.

Pada kuku juga berwarna merah muda bukan hitam atau abu tua, hal ini sama seperti pada lovebird lutino yang juga mengalami penurunan eumelanin gelap hanya bedanya pada lovebird clearpied penurunannya secara partial bukan menyeluruh seperti pada lovebird lutino.

Lalu bagaimana dengan lutino mata hitam atau dark eye clear? sama saja cara membedakannya,karena kaki dan kuku pada lovebird lutino mata hitam rata - rata berwarna seperti lovebird normal pada umumnya yaitu abu tua atau abu muda.

2. Motif bulu punggung Lovebird Pied vs Lutino:

Ini yang sering membingungkan kita pada saat membedakan kedua lovebird tersebut terutama pada kasus clearpied yang benar - benar bersih atau lebih tepatnya piedness atau bloroknya sangat soft, lembut, atau tipis sekali.

Jadi yang membedakan lovebird lutino dan clearpied adalah pada motif bulu punggungnya, pada lovebird lutino tidak ada motifnya sama sekali alias polos.

Hal itu terjadi karena seperti yang sudah dijleaskan di awal bahwa lutino mengalami reduksi melanin di semua anggota tubuhnya.

Sedangkan pada lovebird clearpied meskipun motifnya sangat tipis tetapi masih terdapat warna selain kuning yang menyebar di beberapa bagian karena reduksi eumelaninnya tidak menyeluruh atau partial saja.

Terutama kalian lihat dibagian kontrasnya warna bulu mantel atau punggung dengan warna atas sayap yang mempunyai perbedaan warna.

Biasanya punggung berwarna kuning bersih sedangkan bagian sayap atas berwarna kuning kehijauan atau secara sepintas seperti hijau stabilo.

3. Warna Bulu Dada Lovebird Pied vs Lutino :

Pada warna bulu dada meskipun terkadang kita menjumpai kedua lovebird tersebut sama - sama berwaran kuning polos tetapi ada yang mebedakan diantara keduanya.

Pada lovebird lutino warna kuning merata sampai kebagian bulu dibawah ekor, sedangkan pada lovebird clearpied terdapat spot hijau di bagian ujung bulu bawah ekor.

Bahkan terkadang ada yang masih benar - benar terlihat hijau stabilo. Pada bulu punggung terkadang juga terdapat beberapa bagian yang berwarna selain hijau.

4. Bulu Rum atau Tungkir Lovebird Pied vs Lutino :

Pada warna bulu tungkir lovebird lutino umumnya berwarna kuning dan sedikit ada aksen warna putih di beberapa bagian.

Sedangkan pada lovebird clearpied warna bulu rum atau tungkir kebanyakan berwarna kuning kehijauan atau hijau stabilo.

Walaupun terkadang kita menjumpai warna kuning polos pada bulu tungkir lovebird clearpied gs namun itu sangat jarang terjadi.

Nah itulah beberapa perbedaan yang bisa kita jadikan acuan pada saat kita susah membedakan antara lovebird lutino terutama ketika menjumpai lovebird clearpied gs yang sangat mirip dengan lovebird lutino.