Pengertian Rekber Dan Cara Aman Bertransaksi Lovebird

Pengertian rekber dan alur sistem kerja rekber hewan.
rekber hewan

Rekber adalah singkatan dari kata rekening bersama, System rekber ini dulu paling sering terdengar di forum- forum jual beli online yang mana pada waktu itu belum ada marketplace semacam tokopedia, bukalapak, dan marketplace lain yang sekarang menjamur.

Pada intinya rekber sama halnya dengan peran dari beberapa marketplace ternama diatas, yaitu menjembatani atau menjadi perantara atau menjadi pihak penengah antara penjual dan pembeli.

Bedanya rekber dengan marketplace seperti bukalapak adalah bahwa rekber ini dikelola oleh pribadi entah satu atau lebih dari satu orang dan tentunya menggunakan nomor rekening pribadi.

Rekber ini dulu sangat populer di jaman adanya kaskus yang khususnya pada FJB atau Forum Jual Beli.

Sekarang masih ada sih cuman kalah dengan media - media lain yang mungkin lebih praktis dan juga tidak ribet dalam pengajuan untuk menggunakan jasa rekber ini.

Sedangkan rekber sekarang marak sekali digunakan dan lebih luas lagi fungsi dan peranannya untuk menjembatani transaksi jual beli terutama yang akan kita bahas kali ini yaitu transaksi jual beli hewan atau khususnya lagi adalah transaksi jual beli burung lovebird.

Banyaknya grup - grup jual beli lovebird di facebook dan tentunya tidak semua anggota grup berasal dari satu kota, tentu ada yang dari kota - kota lain yang sebenarnya ingin membeli lovebird yang ada di postingan grup tertentu.

Maka dari itulah sistem rekber ini muncul kembali dan siap melayani proses jual beli lovebird antar kota, antar profinsi, antar pulau dan tentunya dengan jaminan keamanan yang lebih.

Sampai rekber ini berjalan bertahun - tahun ternyata masih ada yang belum tahu bagaimana fungsi dan alur transaksi jual beli burung lovebird jika menggunakan jasa rekber ini.

Pada artikel kali ini saya akan menjelasan alur dari rekber ini sehingga kalian jikalau ingin membeli lovebird lain kota jadi tidak usah khawatir proses transaksinya.

Alur dan sistem rekber hewan dan lovebird

- Menghubungi pihak penyedia jasa rekber :

Dalam hal ini kalian tinggal cari saja atau tanyakan ke admin rekber mana yang biasa dipakai dalam grup jual beli tersebut.

Kemudian Menghubungi pihak rekber bahwa kalian akan bertransaksi pembelian lovebird dengan harga sekian dengan akun penjual siapa dan sertakan nomer hp yang bisa dihubungi.

kemudian pihak rekber akan konfirmasi ke penjual untuk kesediaannya menggunakan jasa rekber ini dan kemudian konfirmasi ke kalian berapa fee atau bayaran rekber yang harus kalian transfer.

- Transfer sejumlah uang yang sudah disepakati:

Kalian harus mentransfer sejumlah uang sesuai kesepakatan dengan penjual dan ditambah fee atau bayaran rekber tersebut.

Sebagai catatan yaitu uang yang anda transfer untuk transaksi tidak langsung ditransfer kepada pihak penjual, melainkan di transfer ke rekening pihak rekber.

Setelah anda transfer kemudian pihak rekber akan mengkonfirmasi ke pihak penjual bahwa pihak pembeli seudah melakukan transfer dan memohon untuk segera di kirim burungnya.

Burung atau hewan dikirim

Selama proses pengiriman burung ini berlangsung, uang anda masih ditahan oleh pihak rekber untuk keamanan proses transaksi sampai nanti burung yang kalian beli sampai ketangan kalian.

Jadi kalian tidak usah khawatir jikalau ternyata burung tidak sampai ketangan kalian maka uang kalian masih aman sentosa di tangan pihak rekber.

Proses pencairan dana

Pada tahap ini adalah tahap yang paling akhir, dimana burung telah sampai dan uang dari anda bisa dicairkan atau ditransfer oleh pihak rekber ke pihak penjual.

Pada tahap ini kalian hanya tinggal cek apakah burung sesuai dengan spesifikiasi atau ciri - ciri yang dituliskan pada postingan atau chat pihak penjual.

Jangan lupa juga untuk cek kesehatannya burung lovebird yang kalian beli tersebut. Kemudian setelah semua kalian pastikan aman kalian lanjut konfirmasi ke pihak rekber untuk proses transfer ke pihak penjual.

Nah kira - kira seperti itulah rentetan atau tahap pada saat kalian ingin membeli burung lovebird atau burung apapun jika menggunakan jasa rekber. Untuk besarnya biaya rekber masing - masing rekber juga mempunyai tarif yang berbeda - beda juga, silahkan kalian tanyakan sendiri.

Namun jangan sembaranga pilih jasa rekber untuk bertransaksi dikarenakan ada beberapa kasus di postinga jual beli lovebird di facebook yang ternyata ada beberapa akun pihak rekber yang bodong alias tipu - tipu.