Ternak Lovebird Pilih Indukan Jadi Atau Siapan?

Tips membeli indukan lovebird untuk pemula.
memilih indukan lovebird

Ternak Lovebird - Ketemu lagi di pembahasan seputar breeding lovebird di blog ini. Sesuai judul Kali ini kita mau bahas soal pilih indukan jadi atau siapan?

Indukan jadi di sini yang saya maksud kalian beli indukan yang sudah produk aktif atau kalian beli pas posisi ngeram atau ngeloloh.

Kalau siapan ya berarti lovebird yg kalian beli belum pernah produk sama sekali tapi sudah jodoh. Hampir semua pasti mengalami saat memulai ternak lovebird adalah jenuh, bosan, karena tidak sabar menunggu pasangan lovebird yang kita ternakkan bertelur dan produk.

Karena proses penjofohan adalah hal yang paling melelahkan dalam dunia ternak lovebird, selain menguji kesabaran di proses penjodohan lovebird juga menguras kantong.

Karena mau tidak mau kita harus membeli atau tukar tambah salah satu lovebird calon indukan yang tidak mau berjodoh dan menggantinya dengan yang baru.

Lalu muncul spekulasi di benak kita, wah di bohongi penjual nih, kayaknya jantan semua tapi di bilang satu pasang, kayaknya ini betina semua tapi kok tadi di bilang satu pasang tapi kok kayaknya ini udah afkir atau gak produktif nih

Pada akhirnya mulai putus asa dan mungurungkan niat untuk berternak lovebird. Yang tadinya udah semangat dan berekspektasi lovebirdnya bakal segera beranak pinak.

Beli indukan Jadi udah bertelur eh sampai di rumah d tunggu beberapa hari gak mau ngerami lagi alias stress.

Beli siapan bilangnya sudah jodoh jantan betina eh sampai rumah di tunggu beberapa bulan gak kawin2 malah berantem terus. Pusing kan.

Padahal hal - hal seperti itu bisa di hindari kalau kita selectif sejak awal. Dan baik indukan jadi maupun siapan semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2.

Sekarang mari kita bahas satu persatu.

Kekurangan dan kelebihan beli indukan lovebird produksi

Kelebihan Beli Induk Lovebird Jadi

- Sudah pasti sepasang jantan dan betina.
- Sudah pasti jodoh.
- Sudah tidak perlu repot dan susah menjodohkan.
- Bisa jadi penyemangat yg luar biasa kalau nanti sudah menetas.
- Tidak perlu menunggu berbulan bulan untuk kawin dan bertelur.
- Indukan sudah berpengalaman karena sudah mengasuh anak produksi sebelumnya.

Kelebihan Beli Lovebird Siapan

- Masa produksi masih panjang.
- Kita lebih bisa mengerti karakter calon indukan ini.
- Bisa setting pakan dari awal karena nanti pas posisi mengasuh anakan, si indukan hanya mau menyuapi anakannya dengan makanan yang ia sukai.kalau kita setting dari awal kita bisa membiasakan indukan memakan menu yang tujuannya untuk asupan terbaik anakannya nanti.
- Calon indukan ini nantinya kalau sudah produksi benar benar sudah bisa mapan dengan kita dan lingkungan kita.

Kekurangan Beli Indukan Lovebird Jadi

- Rawan stress dalam perjalanan dari penjual ke rumah kita.
- Rawan tidak mau mengerami telur kalau kita beli indukan yang ngeram.
- Masa produksi singkat karena kita tidak tau sudah produk keberapa ketika kita beli indukan itu dari pemilik nya.
- Sudah mapan dengan pola rawatan pemilik lama sehingga kita mau ga mau harus menirunya. Indukan tentu lebih agresif dan sensitif di tempat yang baru karena sedang adaptasi.

Kekurangan Beli Lovebird Siapan

- Rawan kasus sejenis yaitu jantan semua atau betina semua.
- Rawan kasus terlalu muda sehingga belum siap produksi.
- Belum tentu bisa produk. Kita harus menunggu.

Itulah beberapa alasan yang bisa kita jadikan pertimbangan ketika akan membeli calon indukan, semoga bisa dijadikan referensi untuk kita semua. Untuk tips membeli indukan jadi kalian bisa baca di artikel tips membeli indukan bawa telur atau anakan.